Oleh: jalancerdas | Agustus 19, 2008

.Percaya Di Depan Kelas

Menjadi Trainer dan Pembicara handal dengan NLP Time Edit

Diawal sesi saya melakukan pilar pertama dari empat pilar NLP yang ada yaitu What do you want? (Well Formed Outcome). Bagi pembaca yang belum tahu apa itu Well Formed Outcome, secara singkat penjelasannya adalah dimana Langkah pertama untuk sukses yaitu dengan mengetahui apa Outcome (goal) kita. Saya mulai dengan menanyai satu persatu mahasiswa peserta kuliah apa yang diinginkan dari kuliah hari ini. Karena ini kelas akademik dan jumlah mahasiswanya hanya 22 orang, saya menanyakan secara langsung (direct), berbeda dengan biasanya dalam kelas pelatihan dengan menggunakan Ice Breaker atau aktivitas-aktivitas.


Ternyata 100% mahasiswa menyatakan ingin menjadi lebih PD (percaya diri) dalam menyampaikan materi didepan audience. Karena ini mahasiswa semester akhir dan sudah mendapatkan segala macam mata kuliah tentang Training Need Analaysis (TNA), Teori Organisasi, Teori Motivasi, Training Design, Training Method, dll. Maka saya langsung merubah kelas saya dengan memberikan nuansa pelatihan presentasi langsung kepada mahasiswa dengan menggunakan disiplin ilmu saya yaitu NLP.

Saya minta salah seorang mahasiswa yang tidak PD-nya paling besar maju kedepan menjadi sukarelawan. Saya menggunakan Time Edit Technique, yaitu sebuah teknik yang digunakan untuk merubah perilaku seseorang dari sebelumnya tidak mempunyai kemampuan menjadi mempunyai kemampuan seperti yang diinginkan. Salh satunya kemampuan untuk melakukan presentasi dengan PD dihadapan audience.

Setelah peserta tersebut maju kedepan, langkah-langkah yang saya lakukan adalah:
1. Pertama, silahkan anda melakukan presentasi dengan materi apapun di depan kelas selama maksimal 5 menit.
2. Setelah 5 menit presentasi, saya minta mahasiswa tersebut menghitung jumlah bangku kuliah yang ada diruangan (breaking state technique)
3. Kemudian rileks dan ambil nafas panjang.
4. Silahkan bayangkan dan ingatlah detil ketika 5 menit tadi anda presentasi didepan kelas dengan mata anda (eye cue) melihat kekiri atas (Vr)
5. Kemudian bayangkanlah presentasi yang anda inginkan secara jelas dan detail, baik bentuk intonasi anda, bahasa tubuh anda, dll. sambil mata anda melihat kekanan atas (Vr)
6. Apabila selesai, lihatlah mata anda ke kanan bawah (K) dengan merasakan bagaimana anda presentasi didepan kelas yang anda inginkan tadi… resapilah perasaan anda.

.:: untuk langkah nomor 3, 4 dan 5 lama waktu jangan dibatasi .::

7. Bila sudah, Silahkan gerakkan bola mata anda ke arah kiri atas (Vc) “satu” kemudian kanan atas (Vr) “dua” dan kanan bawah (K) “tiga” dengan cepat sebanyak delapan kali.
8. Silahkan presentasi kembali didepan kelas

Bila ingin tahu bagaimana akhirnya mahasiswa saya presentasi yang kedua kalinya setelah menggunakan teknik ini, silahkan anda mencobanya

Sumber:http://indonesianlpsociety.org/?p=47


Responses

  1. Halo Bintoro,

    Terima kasih sudah membantu menyebarluaskan info ini. Semoga semakin banyak yang terbantu.

    BEst,
    Bobby:Meidrie
    http://www.bobbymeidrie.com
    http://www.tranceformasiindonesia.com

  2. ada beberapa masalah yang menyebabkan orang tidak percaya diri..
    1. kekurangan fisik
    orang bisa menjadi pemalu atau kurang percaya diri karena mempunyai hal tersebut. misal karena kekurangan di wajah..atau anggota badan lainya..yang paling kelihatan orang yang memiliki kekeurangan pada gigi..orang cenderung susah bicara karena hal tersebut. hal ini karena orang ini pun susah bergaul karena malu bicara dengan orang karena kekurangannya.
    2. memang pemalu..
    ada juga orang yang seperti ini..dia tidak cacat/kekurangan tapi, karena kurangnya bergaul dengan orang jadinya dia seperti itu.
    itu menurut saya sih……
    tapi artikel diatas cukup membantu juga…terima kasih..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: